Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjalankan Bisnis Waralaba (Franchise)


Bisnis Waralaba
Bisnis Waralaba

Seperti kita ketahui, beberapa tahun terakhir ini bisnis waralaba (franchise) merebak bagaikan jamur dimusim hujan. Macam-macam jenisnya, seperti industri/bisnis kuliner, pendidikan, kesehatan hingga IT bahkan hutan (pengelolaan hutan). Investasinya pun juga beragam mulai dari yang 2 jutaan rupiah hingga milyaran rupiah. Karena begitu banyaknya pilihan, sering membuat bingung masyarakat calon terwaralaba (franchisee) dalam memilih mana yang “menjanjikan” keuntungan. Sejatinya, tidak ada investasi yang tidak beresiko. Tapi tidak berarti kita harus menghindari resiko. Nah, jika anda tertarik untuk menjalankan bisnis waralaba (seperti saya) ada baiknya baca dulu tulisan di bawah ini yang saya ambil dari situs lain di Internet, semoga bermanfaat.

Pertanyaan-pertanyaan yang perlu disiapkan saat akan menjalankan bisnis waralaba:

1. Berapa banyak uang yang ada untuk diinvestasikan dalam sebuah bisnis franchise?

2. Berapa banyak jumlah uang yang dapat diatasi bila terjadi kerugian?

3. Apakah lebih baik menajalankan sebuah bisnis waralaba tersebut secara invidividu atau bersama partner lain?

4. Darimana sumber pendanaan untuk membeli lisensi franchise tersebut akan diupayakan? tabungan pribadi, pinjaman bank, pinjaman pada pihak lain, menjual aset lain?

5. Kegiatan usaha lain apa yang dapat dilakukan sebagai sumber pendapatan sampingan (atau utama) selain usaha franchise yang akan dilaksanakan?

6. Apakah franchise yang akan dibeli memerlukan keahlian pribadi dan pengalaman? Bila ya, apakah keahlian dan pengalaman yang diperlukan sesuai dengan minat dan keahlian Anda?

7. Apakah goal Anda akan sejalan dengan jenis usaha franchise yang akan dijalankan? dengan kata lain apakah bidang usaha waralaba yang dipilih mendukung pencapaian goal dalam hidup Anda?

8. Berapa jam waktu yang tersedia dan bersedia Anda luangkan untuk mengolah usaha, dan berapa banyak waktu yang diperlukan oleh usaha waralaba tersebut setiap harinya?

9. Apakah usaha waralaba tersebut memungkinkan untuk hadirnya seorang manajer yang menghandle aktivitas utama, atau haruskan Anda yang menangani operasional utama dalam bisnis waralaba tersebut?

10. Akankah usaha franchise tersebut akan bertahan dan berkembang dalam periode 15 tahun ke depan? (berapa lama product/service life cycle dari produk/jasa waralaba)

11. Seberapa besar resiko yang harus ditanggung dengan memilih sebuah franchise?

12. Apakah produk atau jasa yang ditawarkan dalam sebuah franchise betul-betul dapat memenuhi permintaan yang ada di pasar? Apakah kebutuhan tersebut primer, sekunder, tertier, atau bahkan seasonal?

13. Berapa banyak pesaing dengan kategori sejenis yang telah ada di pasar?

14. Seberapa besar pertumbuhan dari usaha waralaba yang Anda harapkan, dan berapa besar yang diproyeksikan oleh pewaralaba?

15. Pernahkan Anda bekerja ataupun memiliki usaha pada bidang yang akan Anda jalankan dalam bentuk franchise tersebut?

Sumber: franchise-id.com
Foto/gambar: beritaharianku.blogspot.com

About these ads
This entry was posted in Waralaba and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s